Gallery

Padamu Negeri Daihatsu Mengabdi

peresmian pabrik daihatsu. daihatsu makassarPadamu Negeri Daihatsu Mengabdi

Slogan padamu Negeri Daihatsu Mengabdi bisa dikatakan sebagai cerminan atas eksistensi PT Astra Daihatsu Motor yang selama 35 tahun telah turut membangun negeri, dengan capaian ragam produk inovatif yang memang khusus diperuntukan bagi Masyarakat Indonesia, khususnya industri Otomotif.

Napak tilas produksi perdana tahun 1978 hingga tahun 2005 (atau dalam jangka waktu 27 tahun), produksi Daihatsu telah mencapai 1.000.000 unit. Dalam jangka waktu 5 tahun berikutnya tepatnya pada bulan Nopember 2010 total produksi kami telah mencapai 2.000.000 unit.

Dan pada tanggal 10 April 2013 yang lalu, total produksi Daihatsu telah mencapai 3.000.000 unit. Demikian pula dengan kapasitas produksi pabrik Daihatsu yang secara bertahap terus ditingkatkan hingga mencapai 340.000 unit pada tahun 2012 yang lalu. Daihatsu terus melakukan ekspansi guna memenuhi kebutuhan permintaan mobil yang terus meningkat.

Tidak hanya permintaan pasar domestic yang semakin meningkat, kebutuhan permintaan pasar ekspor yang 16% produksinya berhasil memasuki pasar otomotif luar negeri hingga ke lebih dari 60 negara yang tersebar di Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin bahkan termasuk export Gran Max ke Jepang yang terkenal sangat ketat dalam menjaga kualitas produknya. Guna menjawab kebutuhan permintaan tersebut PT Astra Daihatsu Motor pada tanggal 22 April 2013 meresmikan pabrik Karawang Assembly Plant dan Research & Development Center, yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Bapak Budiono.

Pabrik perakitan kendaraan Karawang Assembly Plant ini merupakan bagian dari MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden pada tanggal 27 Mei 2011 lalu, bersamaan dengan dimulainya pembangunan pabrik Daihatsu di Karawang.

Dua tahun berselang, berdirilah Pabrik Perakitan Kendaraan bermotor terbesar dan terlengkap, dengan fasilitas R&D pertama di Indonesia. Dengan investasi lebih dari Rp. 2,.1 Triliun serta memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi 1.400 karyawan baru, dapat menunjukan fokus Daihatsu pada kepentingan kesejahteraan masyarakat dengan memaksimalkan, sumber daya manusia yang membutuhkan pekerjaan. Dengan demikian, karyawan PT Astra Daihatsu Motor saat ini telah mencapai lebih dari 10.000 karyawan.

Pabrik seluas 7 hektar yang berdiri di atas lahan 94 hektar ini memiliki fasilitas terpadu yang mampu melakukan semua proses produksi kendaraan roda empat, meliputi proses Stamping, Welding, Painting dan Assembling dengan menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact) pada fasilitas produksinya sama seperti pada pabrik Daihatsu di Kyushu, Jepang. Pabrik ini juga memiliki mesin press dengan kecepatan tinggi.

Pabrik baru Karawang Assembly Plant ini akan memproduksi Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, serta produk andalan baru Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya yang khusus diproduksi untuk memenuhi program pemerintah terkait Low Cost Green Car atau LCGC dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor, untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

Tidak hanya memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan, namun dalam kaitan penyediaan komponen lokal, PT Astra Daihatsu Motor, turut melibatkan pemasok utama komponen lokal Indonesia. Tidak kurang 165 perusahaan pemasok lapis pertama (First Tier) dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua (Second Tier), dengan mempekerjakan lebih dari 700.000 orang karyawan, turut tumbuh bersama Daihatsu guna meningkatkan pundi – pundi perekonomian Negara.

Khusus untuk memenuhi produksi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya pabrik ini akan melibatkan sebanyak 145 pemasok komponen dimana 30 pemasok diantaranya merupakan pemasok baru. Saat ini Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari produk Daihatsu Ayla dan Toyota Agya telah mencapai 84%, sementara untuk produk lainnya mencapai 86% dan akan terus ditingkatkan kedepannya.

Salah satu capaian besar Daihatsu dengan meresmikan pabrik barunya yaitu, melengkapi fasilitas pabrik dengan R&D Center. Putra-putri bangsa yang memiliki potensi serta kualitas SDM yang handalah, yang dipercaya oleh Daihatsu untuk menjaga ‘gawang’ pusat pengembangan desain serta teknologi yang dimiliki Daihatsu. Dengan demikian Daihatsu merupakan pemain otomotif pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas Research & Development dimana proses transfer teknologi kepada putera-puteri bangsa akan berlangsung.

Guna turut meratakan pendapatan daerah yang mengacu pada otonomi daerah, khususnya di Kabupaten Karawang. Kehadiran pabrik baru Daihatsu diharapkan akan memberi ruang untuk masuknya investasi dengan menciptakan iklim usaha yang baik dan kondusif.

Kedepannya keberadaan pabrik baru ADM ini, dipastikan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di Kabupaten Karawang khususnya dan di Provinsi Jawa Barat umumnya. Dan berdirinya “Pabrik Perakitan Kendaraan Bermotor dan Pusat Riset & Pengembangan PT Astra Daihatsu Motor”, sekaligus menandai tonggak penting sejarah industri otomotif Tanah Air yang mendunia dan sanggup bersaing di pasar global. Hal ini jugalah yang dapat memberikan citra positif Daihatsu, sehingga Daihatsu dapat menjadi salah satu asset Negara yang membanggakan.

By jual-daihatsu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s